Senin, 11 Januari 2010

NASI AYAM KHAS SEMARANG

Kangen nasi ayam yang ada di Simpang Lima Semarang ?Sekali-kali coba deh resep yang satu ini,rasanya ga kalah deh..Pertama kita siapin bahan-bahannya yuk....
Nasi Gurih
400 gr beras
2 sdt garam
2 lbr daun salam
750 ml dari 1 butir kelapa
Caranya,
Cuci bersih beras hingga bersih.Siapkan santan yang sudah diberi garam,daun salam.Masak hingga mendidih.Masukkan beras, lalu diaduk-aduk hingga santan habis.Siapkan dandang kukusan, kukus.
Opor Ayam
1/2 ekor ayam kampung
serai
daun salam
daun jeruk
800 ml santan cair dari 1 butir kelapa
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
4 sdm minyak goreng untuk menumis
Bumbu yg dihaluskan
5 btr bwg putih
3 btr bwg merah
6 btr kemiri
lengkuas
kunyit
jahe
merica
Caranya,Siapkan wajan untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.Masukkan ayam,beri santan cair, daun salam, serai, daun jeruk.Biarkan hingga ayam empuk.Terakhir masukkan santan kental.Aduk-aduk hingga mendidih.
Sayur labu siam
1 buah labu siam muda, iris sebatang korek api
4 buah cabe kukus sebentar, digiling.
10 bh cabe rawit merah utuh
5 btr bwg merah
3 btr bwg putih
kemiri
lengkuas
salam
garam secukupnya
Gula merah secukupnya
Air secukupnya
700 ml santan cair dari 1/2 butir kelapa
Krupuk kulit secukupnya(rambak)
Cara: Haluskan bwg merah, bawang putih, kemiri, garam.Siapkan wajan.Tumis bumbu yg telah dihaluskan.Masukkan cabe giling,labu siam,tunggu agar labu siam empuk.Masukkan air santan.Biarkan mendidih dan tetap diaduk-aduk agar tidak pecah santannya.Masukkan krupuk kulit, biarkan mendidih bersama santannya.
Telur Pindang
5 bh telur utuh direbus hingga matang
3 btr bawang merah
3 btr bwg putih
ketumbar
gula merah
air secukupnya
Caranya,
Haluskan bumbu-bumbu bwg merah,bwg putih ketumbar dan gula merah.Siapkan air secukupnya.Masukkan bumbu dan telur rebus.Masak hingga matang.
Cara penyajian:
Siapkan piring saji, alasi dengan daun pisang.Tatakan 1 porsi nasi liwet,suwiran ayam, telur pindang dan sayur labu siam beserta rambaknya.Nyam-nyam...berasa pulang ke Semarang..lumayan sebagai obat kangen..atau kalo lagi repot boleh dong pesen aja ke vidya's kitchen....atau yang tinggal di sekitar Cikarang tinggal pesan, dijamin akan diantar sampai ke tempat...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar